Sabtu, 05 Mei 2012

Double Five

5-5-2012
"...ini sebaiknya dicari dulu berat padatan awalnya berapa untuk menghitung kadar airnya berapa. bisa jadi dosis 3000 mg/Kg BB itu hanya padatannya saja sehingga bisa menyebabkan toksik, sedangkan yang sudah kamu coba 12.000 mg/Kg BB itu masih banyak kadar airnya sehingga meskipun pemberiannya banyak, mencitnya tidak mati. penting juga tuk mengukur kadar air akhirnya karena tidak semua bahan bisa menyebabkan kadar air 0, bisa jadi masih ada kadar airnya karena ada zat yang memang memikat air..." terang Pak Agus, yang saya jawab dengan memanggut-manggutkan kepala.
Itulah secuplik konsultasi saya dengan salah satu dosen poltek jember, yang serasa kuliah dadakan tentang metode ekstraksi tumbuhan yang saya belum mengenalnya sama sekali. Maklumlah, saya dari fakultas kesehatan sedangkan penelitian skripsi saya tentang tanaman herbal sehingga wajarlah kalau saya harus berkonsultasi dengan pihak yang memiliki ilmu lebih banyak tentang herbal atau tanaman.
Saya ucapkan terimakasih banyak kepada para dosen poltek jember yang telah membantu saya memahami hal-hal yang saya belum tau sebelumnya sehingga saya mengetahui sedikit demi sedikit apa yang sedang saya teliti dan saya mencoba menggabungkan hal-hal yang saya terima darisana dan darisini alias darimana-mana.hehehe...
Subhanallah...sungguh luas ilmu Allah...sungguh banyak hal yang belum saya ketahui...sewajarnya saya dan teman-teman semua haruslah lebih giat menggali dan menggali ilmu-ilmu yang masih banyak menjadi rahasia dan sangat perlu kita pecahkan sehingga kita dapat lebih mensyukuri nikmat Allah.
Nabi Muhammad SAW bersabda "tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina" maksud dari sabda ini tak lain adalah supaya kita terus menggali ilmu walaupun itu jauh dari tempat kita. Motivasi yang sudah diberikan Rasulullah itu bukan tak ada maksud melainkan itu sebuah ajakan dan motivasi untuk kita sehingga selayaknya kita terdorong untuk mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya dan dimanapun kemanapun, terutama adalah ilmu agama karena belajar ilmu agama adalah sangat urgen.
Mari jadikan hidup kita selalu mencari dan mencari ilmu pengetahuan karena semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka semakin banyak kesempatan kita untuk bersyukur karena Allah menciptakan alam ini berserta isinya dengan sangat menakjubkan. Tapi jangan lupa tuk mengamalkannya karena ilmu kita yang sebenarnya adalah ilmu yang sudah memberikan manfaat untuk orang lain dan ilmu yang bermanfaat itulah yang akan menjadi salah satu bekal kita menuju surgaNya. Selain itu, dengan ilmu kita akan mengetahui mana yang benar dan salah, mana yang baik dan buruk, sehingga kita terhindar dari nerakaNya.
Dengan ilmu kita tak akan buta.
Dengan agama kita tak akan lumpuh.
So...mari menuntut ilmu pengetahuan dan ilmu agama.
Success is ours.
Aamiiin n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar