Jumat, 11 Mei 2012

Amnesia Retrograd


"Masih ingat H.M., orang yang hippocampusnya dibuang (dibedah) sehingga terbuang pula kemampuannya untuk mengodekan informasi baru? H.M. bisa saja bertemu anda dua jam lagi tanpa mengingat pertemuan pertama anda. Ketidakmampuan mengodekan penyimpanan jangka panjang disebut amnesia anterograde. Ternyata ditemukan bahwa pasien terkenal itu mengalami amnesia retrograde, yaitu kehilangan memori tentang masa lalu. Anda dapat menanyakan kepada H.M. peristiwa yang terjadi tiga tahun sebelum operasi. Tidak ingat sama sekali. Tujuh tahun sebelum operasi. Tidak ingat sama sekali. Jika hanya itu yang anda ketahui tentang H.M., anda mungkin menyimpulkan bahwa kehilangan hippocampus mengakibatkan kehilangan memori secara total. Namun, di situlah anda salah. Bila anda bertanya kepada H.M. tentang masa lalu yang jauh, misalnya masa kanak-kanaknya, dia akan bisa mengingatnya persis sebagaiman saya dan anda. Dia mengingat keluarganya, tempat tinggalnya, detail-detail mengenai berbagai peristiwa, dan seterusnya."

Itulah sekilas tentang "memori yang sedang bergerak" yang saya baca tadi pagi di buku brain rules. Setelah saya  membaca bagian tersebut, saya teringat dengan film yang berjudul "the vow". Di ambil dari sebuah kisah nyata yang menceritakan tentang kesetiaan seorang suami terhadap istrinya yang menderita amnesia retrograd. Dalam film itu diceritakan bahwa Leo dan Paige adalah sepasang suami istri tapi di tengah-tengah kebahagiaan mereka, mereka mengalami kisah cinta yang sangat tragis.

Pada suatu malam, mobil mereka ditabrak truk dari belakang sehingga Paige terlempar dari dalam mobil lewat kaca depan mobil karena sebelum tragedi itu, Paige melepaskan sabuk pengamannya. Leo hanya mengalami luka ringan, berbeda dengan Paige. Leo dengan setia menunggu Paige di rumah sakit hingga pada suatu ketika Paige siuman. Leo sangat senang sekali tapi ditanggapi Paige dengan rasa bingung, parahnya dia tidak mengenal suaminya sendiri, Leo. Leo bersedih hati tapi dokter mengatakan bahwa itu adalah yang wajar dan Leo percaya. Setiap hari Leo selalu setia datang ke rumah sakit dan mencoba mengingatkan serta meyakinkan bahwa mereka adalah suami istri. Tapi suatu ketika, orang tua Paige datang dan mengajak Paige untuk pulang ke rumah tapi Leo ingin mengajak Paige kembali ke rumah mereka. Akhirnya Paige pulang ke rumah mereka dan rasa canggung itupun muncul. Paige merasa bahwa dia baru mengenal Leo sehingga kecanggungan itupun muncul. Leo pun demikian, dia menghargai Paige dan takut membuat Paige semakin bingung sehingga dia pun bersikap sedikit canggung seiring dia memulihkan ingatan Paige. Suatu ketika, Leo diajak Paige datang menemui teman-teman SMA Paige, Paige mengingat semua nama temannya, Paige pun mengenali mantan tunangannya dan dia merasa bahwa dia masih bertunangan dengan pria itu. Secara otomatis Leo sangat sedih sekali. Leo berusaha dan selalu berusaha mengembalikan memori kebahagiaan Leo bersama Paige tetapi semua usaha yang dilakukan Leo gagal, Paige tidak pernah bisa mengingatnya. Di sisi lain, memori yang lebih lama yang sudah terjadi, misal keluarga, masa kecil, masa sekolah malah diingat dengan jelas dan detail oleh Paige tanpa harus diingatkan.

Setelah saya mengingat kembali film itu dan meneruskan membaca buku tersebut, saya terkagum-kagum. Hippocampus adalah bagian dari cerebrum (otak besar). Fungsi hippocampus adalah menyimpan memori dalam jangka panjang. Setelah membaca kisah H.M. dan melihat film Paige yang mana ada gangguan pada otak mereka, khususnya bagian hippocampus, wajar jika kita menganggap bahwa kedua cerita itu aneh. ketika kita meletakkan kue di atas piring kita dan kue itu kita makan, maka kue itu akan hilang dari atas piring. Sama halnya dengan komponen otak tersebut, seharusnya setelah hippocampus itu diambil maka seluruh memori panjang pun akan hilang tapi nyatanya hal itu tidak terjadi. Hal ini yang menjadi pertanyaan, mengapa memori yang baru beberapa detik, hari, minggu, bulan, tahun itu hilang sedangkan memori yang bertahun-tahun lalu malah masih ada? Pada umumnya orang akan lebih mengingat hal-hal yang baru saja terjadi, sedangkan untuk mengingat hal-hal yang sudah lama terjadi biasanya membutuhkan waktu, otak perlu membongkar-bongkar isi dari otak. Seorang peneliti, Joseph LeDoux menyatakan adanya "memori nomadik". Jadi, suatu memori yang sangat mengena atau sesuatu hal yang selalu kita lakukan secara repetisi atau berulang akan menimbulkan suatu memori jangka panjang yang akan tersimpan di hippocampus. Setelah beberapa lama (dalam hitungan tahun) memori itu masuk ke wilayah otak lain, sudah tidak terdapat pada hippocampus. Penulis buku brain roles, John Medina, menyatakan bahwa informasi yang masuk akan di tangkap oleh korteks dan akan disimpan dalam hippocampus tapi suatu ketika memori akan dikembalikan ke korteks dan akan disimpan secara permanen dalam korteks. Sehingga dapat disimpulkan, ketika H.M. dan Paige mengalami gangguan dalam hippocampusnya atau diambil bagian hippocampusnya, yang mana hippocampus adalah tempat menyimpan memori panjang, memori sebelumnya akan hilang tapi tidak untuk memori yang sangat lampau karena memori itu sudah ditransfer kembali dari hippocampus menuju ke korteks atau bagian wilayah lain tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar